Cari Kambing Kurban? Kami Menjual Kambing Qurban Berbagai Ukuran Harga Murah dan Bersaing

Apa Syarat Orang Yang Qurban Idul Adha? Berikut Rinciannya!

Syarat orang yang qurban Idul Adha adalah syarat yang harus diketahui jika hendak berkurban. Jika tidak, bisa jadi hewan kurban anda tidak dianggap sebagai kurban, melainkan sedekah biasa. Segala hal yang berkaitan dengan kurban telah diatur dalam hadist dan Al-Quran. Disebutkan bahwa semua orang yang masih hidup dianjurkan untuk berkurban jika mampu. Orang yang sudah mati juga boleh berkurban dengan cara diwakilkan oleh anggota keluarganya. 

Qurban sendiri hukumnya adalah sunnah muakkadah, yaitu hukumnya makruh jika orang yang mampu tidak menunaikannya. Kurban dilakukan pada hari raya Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban seusai melaksanakan sholat Ied. Adapun hewan yang bisa digunakan untuk berkurban adalah unta, sapi, kambing dan domba.


Ada syarat orang berkurban di waktu Idul Adha, salah satunya adalah menyembelih hewan qurban di waktu pagi setelah sholat Ied. Tidak diperbolehkan menyembelih sebelum sholat karena hukumnya haram. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh H.R Muslim disebutkan bahwa barangsiapa yang menyembelih sebelum sholat Ied maka sama halnya ia telah menyembelih anaknya sendiri. Sementara untuk penyembelihan di waktu siang atau malam sebenarnya juga diperbolehkan, namun yang lebih diutamakan adalah di waktu pagi seusai sholat. Selain itu, orang yang hendak berkurban dilarang untuk memotong rambut, kuku dan kulit sampai hewan yang dikurbankannya disembelih. Larangan ini hanya untuk yang berkurban, sedangkan penyembelih atau anggota keluarga yang lain tidak.

Selain syarat orang yang qurban Idul Adha, ada syarat lain yang harus diperhatikan yaitu syarat hewan yang boleh dikurban. Supaya hewan yang dikurban tidak berbahaya bagi yang mengkonsumsinya, hewan kurban tidak boleh berada dalam keadaan sakit atau cacat. Terutama sakit pada bagian mata atau cacat pada anggota tubuhnya yang lain. Di samping itu, hewan kurban juga tidak boleh gila. Penting untuk membeli hewan kurban dengan jeli dan teliti. Sebab, jika salah pilih, daging hewan ini akan berdampak negatif. Dan yang paling penting, hewan qurban harus berasal dari diri sendiri, bukan hewan hasil curian atau dibeli dengan uang haram.

Syarat-syarat yang ada dalam berkurban memang komplek, tidak hanya syarat orang yang berkurban di waktu Idul Adha saja, tapi juga syarat dalam menyembelih hewan kurban. Dalam menyembelih, penting untuk memperhatikan cara-caranya, sebab jika sampai keliru bisa menyebabkan hewan kurban jadi tidak halal untuk dimakan. Tahapannya adalah pertama, siapkan pisau tajam. Kemudian rebahkan hewan kurban dan hadapkan ke arah kiblat. Setelah itu sembelih hewan sampai tenggorokannya dan uratnya putus. Jangan memotong kepala hewan qurban sebelum benar-benar mati, karena itu akan menyiksanya. Setelah itu kuliti dan potong dagingnya utnuk dibagikan ke warga yang tinggal di sekitar lokasi penyembelihan.

Demikian artikel mengenai apasaja syarat orang yang qurban idul adha, semoga informasi ini bisa memberikan informasi untuk anda yang berniat hendak berkurban. Semoga amal ibadah anda bisa diterima oleh Yang Maha Kuasa. Terima kasih karena sudah mengunjungi blog Jual Kambing Qurban, jumpa lagi diartikel terbaru lainnya.

Baca juga:
Back To Top