Cari Kambing Kurban? Kami Menjual Kambing Qurban Berbagai Ukuran Harga Murah dan Bersaing

Apa Saja Syarat Kambing Kurban? Berikut Ulasannya!

Syarat Kambing Kurban yang sah harus diperhatikan dalam membeli hewan kurban, jika keliru bisa jadi hewan kurban tersebut haram untuk disembelih. Hari raya Idul Adha memang masih beberapa bulan lagi. Namun, bagi anda yang sudah meniatkan diri untuk berkurban, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dini syarat-syarat hewan yang sah untuk dikorbankan. Secara umum syarat atau kriteria hewan kurban terbagi menjadi dua yaitu kriteria keabsahan dan kriteria sunah. Kriteria keabsahan adalah syarat yang harus dipenuhi agar hewan sah untuk dikorbankan. Kriteria ini adalah yang paling penting, sebab jika tidak terpenuhi hewan kurban bisa menjadi haram. Sedangkan kriteria sunah adalah ciri-ciri hewan yang dianjurkan untuk dikurban. Kriteria ini bukanlah hal wajib, namun jika dipatuhi bisa meningkatkan keutamaan hewan kurban. 



Secara keabsahan, syarat kambing kurban yang utama adalah harus dari milik sendiri. Bukan hewan hasil curian atau dibeli menggunakan uang haram. Karena hal ini tidak hanya mengurangi pahala kurban, tapi justru malah mendapat dosa. Selain kambing, hewan lain yang sah dijadikan kurban, menurut para ulama, adalah hewan sejenis sapi, kambing atau unta. Tidak hanya itu, usia dari hewan kurban ini juga harus diperhatikan, sebab ini akan berpengaruh pada kualitas daging yang ada di dalamnya. Untuk hewan kambing, usia minimal yang sah untuk dikorbankan adalah yang berumur minimal satu tahun. Sementara untuk hewan sapi dan unta usianya minimal telah mencapai 2 dan 5 tahun. 

Selain dari segi usia, syarat kambing kurban lain yang perlu mendapat sorotan adalah kondisi fisik dan psikisnya. Kambing yang hendak dikurbankan harus terhindar dari empat penyakit, yaitu buta di salah satu atau kedua matanya, sakit, cacat kaki atau bagian tubuh yang lain dan gila. Jika kambing terhindar dari jenis penyakit tersebut, maka sah untuk disembelih. Sedangkan kambing yang sah untuk disembelih adalah kambing yang dalam kondisi sempurna dan termasuk kategori hewan sehat. Cirinya adalah memiliki daging yang banyak karena akan dibagikan kepada orang banyak dan tidak terdapat luka atau cacat di tubuhnya. 

Syarat kambing kurban yang boleh dimakan juga berbeda-beda. Bagi orang yang berkurban disunahkan memakan sebagian kurbannya atau menyedekahkannya kepada yang lebih membutuhkan. Memang tidak ada aturan baku mengenai porsi hewan kurban yang dikonsumsi sendiri dan dibagikan ke orang lain. Namun, yang pasti adalah daging hewan kurban tidak boleh diperjualbelikan. Tidak hanya daging, bulu atau kulitnya juga tidak boleh, meskipun diberikan kepada penyembelih karena itu tetap termasuk jual beli, karena dianggap sebagai upah. Daging hewan kurban sangat dianjurkan untuk dibagikan kepada para fakir miskin yang membutuhkan.

Itulah informasi mengenai apa saja syarat kambing kurban, kami harap informasi yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membacanya. Baca juga informasi lainnya mengenai hewan kurban dibawah ini :
Back To Top