Cari Kambing Kurban? Kami Menjual Kambing Qurban Berbagai Ukuran Harga Murah dan Bersaing

Apa Syarat Hewan Kurban Kambing? Ini dia Penjelasannya!

Syarat Hewan Kurban Kambing - Bagi anda yang hendak berkurban, syarat hewan kurban kambing adalah poin pertama yang harus diketahui. Namun, sebelum masuk pada pembahasan mengenai syarat hewan kurban, alangkah lebih baik jika anda mengenal terlebih dahulu pengertian dari hewan kurban. Kurban adalah hewan yang disedekahkan untuk disembelih pada hari raya Idul Adha. Hari raya ini selalu dilaksanakan tiap tanggal 10 Dzulhijjah (sistem kalender islam). Hewan-hewan yang dikurbankan kemudian akan dibagikan secara merata ke orang-orang yang membutuhkan. Hukum dari berkurban itu sendiri adalah sunah. Artinya boleh dilakukan, boleh juga tidak. Namun, bagi orang yang memiliki harta yang cukup, sangat dianjurkan untuk berkurban.


Sebelum membeli hewan kurban, syarat hewan kambing yang dikurbankan haruslah yang berusia minimal dua tahun. Hal ini dikarenakan, kambing di usia ini tidak terlalu muda dan tua, jadi cocok untuk dikonsumsi banyak orang. Sementara jika anda hendak berkurban sapi atau unta, usia minimal yang boleh disembelih adalah dua dan lima tahun. Pastikan hewan yang dikurbankan berada dalam kondisi gemuk dan memiliki daging yang banyak, sebab mereka akan dibagikan ke banyak orang. Selain itu kondisi fisiknya juga harus diperhatikan. Hewan tidak boleh dikurbankan jika dalam kondisi matanya sakit sebelah atau keduanya, cacat di beberapa bagian tubuh, dan mengalami gangguan kejiwaan. Hal ini tidak diperbolehkan karena akan memiliki dampak negatif bagi yang memakannya. 

Dalam mengkonsumi daging kurban, telah diatur syarat hewan kambing kurban yang boleh dimakan. Orang-orang yang berkurban tidak diperbolehkan memakan seluruh daging hewan yang dikurbankannya. Mereka dianjurkan untuk menerima setengah ataupun sepertiga dari daging kambing tersebut. Karena sisanya untuk dibagikan ke warga sekitar. Aturan baku mengenai jumlah porsi daging kurban yang diterima memang belum ada. Namun, hal yang pasti adalah daging kurban tidak boleh diperjualbelikan. Selain daging, bagian lain yang tidak boleh diperdagangkan adalah bulu dan kulitnya. Meskipun akan diberikan kepada penyembelih tetap tidak diperbolehkan. Sebab, bisa dianggap sebagai bayaran upah. Orang yang paling berhak menerima daging kurban adalah para fakir miskin yang tinggal di daerah sekitar tempat penyembelihan. 

Adapun syarat hewan kurban kambing lainnya yang tidak kalah penting adalah jumlah orang yang ikut urunan. Islam memang telah mengatur bahwa dalam membeli hewan kurban diperbolehkan berasal dari uang iuran. Untuk membeli sapi misalnya, dibatasi jumlah peserta iuran adalah maksimal tujuh orang. Sementara untuk membeli hewan unta jumlah iuran untuk membelinya adalah maksimal 10 orang. Namun, dalam berkurban hewan kambing atau domba, tidak diatur atau diperbolehkan untuk membelinya dengan iuran. Artinya hewan harus dibeli dengan uang sendiri. Dalam membeli hewan kurban, anda memang harus mempertimbangkan segala macam harga. Belilah hewan yang sekiranya terjangkau oleh dompet anda.

Cukup sekian artikel mengenai apa saja syarat hewan kurban kambing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membacanya. Jumpa lagi dalam ulasan jual kambing kurban lainnya.

Baca juga:
Back To Top