Cari Kambing Kurban? Kami Menjual Kambing Qurban Berbagai Ukuran Harga Murah dan Bersaing

Ketentuan Aqiqah dan Qurban Yang Harus Anda Tahu

Ketentuan Aqiqah dan Qurban memiliki perbedaan. Kedua kegiatan ini memang melibatkan kambing dalam pelaksanaanya, namun ada perbedaan mendasar yang menjadi pembeda keduanya. Aqiqah anak adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperingati kelahiran seorang bayi. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memberikan nama pada si bayi serta mencukur rambutnya. Jika yang dilaksanakan Aqiqah adalah anak laki-laki, maka menggunakan dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan menggunakan satu ekor kambing. Sementara kurban adalah hewan yang disembelih pada hari raya Idul Adha. Kambing adalah salah satu jenis hewan yang diperbolehkan untuk dikurban. 


Meski menggunakan hewan yang sama, ada perbedaan antara ketentuan aqiqah dan qurban. Perbedaan yang paling mendasar adalah secara fungsinya. Aqiqah berfungsi untuk mendekatkan diri anak kepada Allah sejak dini, mempererat hubungan dengan sesama warga, menyantuni para fakir miskin, dan semacamnya. Sementara, berkurban memiliki fungsi untuk mendekatkan diri kepada Allah dan berbagi rezeki kepada sesama. Meski keduanya memiliki perbedaan yang mendasar, namun keduanya juga memiliki banyak persamaa. Baik aqiqah maumpun kurban mensyaratkan kambing yang sehat untuk disembelih. Tidak diperbolehkan menggunakan hewan kambing yang memiliki penyakit di bagian mata, cacat pada kaki atau anggota tubuh yang lain, dan juga dalam keadaan gila. Hal ini tidak diperbolehkan karena justru akan memberikan dampak negatif bagi yang memakannya. 

Ketentuan aqiqah dan qurban memiliki perbedaan dalam tata cara menyembelihnya. Dalam menyembelih hewan aqiqah kita harus membaca doa penyembelihan untuk hewan aqiqah. Sementara pada bagian akhir setelah menyembelih, ucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Hal ini berbeda dengan yang dilakukan saat menyembelih hewan kurban. Dalam menyembelih hewan qurban diawali dengan membaca doa menyembelih hewan kurban. Kemudian tahap terakhir membaca doa kurban yang bertujuan supaya diterima oleh Allah SWT. Dalam berkurban orang diperbolehkan untuk menunaikannya untuk orang lain, sedangkan aqiqah tidak bisa. 

Hal lain yang menjadi ketentuan aqiqah dan qurban adalah waktu penyembelihannya. Hewan aqiqah tidak terikat waktu untuk disembelih. Pelaksanaannya bisa kapan saja sepanjang tahun. Sementara hewan kurban hanya boleh disembelih paling lama tiga hari setelah menunaikan sholat Ied. Perbedaan lainnya adalah daging aqiqah hanya diperuntukkan bagi tamu undangan acara, sedangkan hewan kurban diperuntukkan bagi semua warga di sekitar lokasi penyembelihan, terutama warga fakir miskin. 

Meski sama-sama menggunakan perantara kambing dalam pelaksanaanya, aqiqah dan qurban adalah sama-sama kegiatan yang dilakukan oleh umat islam untuk memperingati momen-momen penting dan bersejarah. Dalam melaksanakan aqiqah kini bahkan bisa lebih mudah, tidak perlu berusah-payah membeli kambing kemudian memasaknya. Kini sudah banyak usaha yang menjual jasa masakan olahan daging kambing untuk acara aqiqah.

Baiklah sekian artikel mengenai ketentuan aqiqah dan qurban yang harus anda tahu, kami harap artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang membutuhkan. Terima kasih karena sudah mengunjungi blog jual kambing qurban dan membaca artikel kami. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya dibawah ini:
Back To Top