Cari Kambing Kurban? Kami Menjual Kambing Qurban Berbagai Ukuran Harga Murah dan Bersaing

Senin, 24 April 2017

Rincian Hukum Qurban Dalam Islam Yang Harus Anda Tahu

Hukum Qurban Dalam Islam adalah Sunnah Muakkad. Artinya, makruh jika tidak dilakasanakan oleh orang yang mampu. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa siapapun yang memiliki kekayaan yang banyak tapi tidak berkurban, maka haram baginya untuk mendekati masjid atau pun mushalla. Setiap muslim memang dianjurkan untuk berkurban. Berkurban adalah cara untuk berbagi kepada sesama yang kurang beruntung. Namun, selain disebut sunnah muakkad, ada juga ulama lain mengatakan bahwa berkurban itu adalah wajib bagi yang mampu. 

Hukum Kurban Dalam Islam

Hukum qurban dalam Islam telah mengatur banyak hal. Salah satunya adalah hukum bagi orang yang berkurban dengan cara iuran. Jika tidak cukup biaya untuk membeli hewan qurban, anda bisa melakukan iuran dengan anggota keluarga yang lain. Namun, perlu dicatat, iuran hewan kurban ini tidak berlaku bagi semua jenis hewan yang boleh dikurbankan. Iuran hanya bisa dilakukan untuk membeli sapi atau unta. Jumlah peserta iuran dalam membeli satu ekor sapi tidak boleh lebih dari tujuh orang, Sedangkan untuk membeli hewan kurban kambing, anda harus membelinya dengan uang sendiri. Hewan qurban hanya boleh disembelih setelah menunaikan ibadah sholat Ied. Jika disembelih sebelum sholat, maka haram hukumnya. Itu sama halnya dengan membunuh anak sendiri. Pemotongan hewan kurban ini selalu dilakukan pada hari raya Idul Adha. Bagi yang berkurban, disunahkan untuk mengambil sebagian daging kurbannya. Sementara sisanya untuk dibagikan kepada warga sekitar lokasi penyembelihan. 

Sudah ada hukum qurban dalam Islam yang mengatur bahwa dalam satu keluarga jika yang berkurban adalah suami, maka pahala kurban itu untuk seluruh anggota keluarga. Sementara jika yang berkurban adalah istri, maka pahala dari hewan kurban itu hanya untuk istri. Pemotongan hewan kurban ini adalah sebagai simbol untuk mengenang peristiwa dari Nabi Ibrahim yang diperintah oleh Allah SAW untuk menyembelih leher anaknya. Selain untuk mengenang peristiwa bersejarah umat Islam ini, berkurban bisa menjadi wujud syukur kepada Allah atas segala rejeki dan nikmat yang diberikan kepada kita. 

Hukum qurban dalam Islam juga telah mengatur hikmah yang didapatkan bagi orang yang menyembelih hewan kurban. Hikmah yang didapat dari para penyemblih adalah sebuah bentuk mendekatkan diri kepada Allah karena kegiatan ini merupakan bagian dari ibadah. Selain hukum-hukum yang mendasarinya, berkurban juga menyimpan banyak manfaat bagi para pelakunya. 

Berkurban bukanlah ajang untuk mengurangi jumlah kekayaan, justru sebaliknya dengan berkurban harta kita akan semakin berlipat ganda. Hal ini dikarenakan, berkurban adalah bagian dari sedekah kepada sesama muslim. Allah sendiri telah berjanji bahwa siapapu yang bersedekah akan dilipatgandakan hartanya. Selain itu, hewan yang dikurbankan juga bisa menjadi kendaraan kita di kelak diakhirat.

Cukup sekian rincian hukum qurban dalam islam yang harus anda tahu, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda seputar qurban Idul Adha. Terima kasih karena sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung di blog jual kambing qurban, jika anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk membaca artikel kami dibawah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rincian Hukum Qurban Dalam Islam Yang Harus Anda Tahu

0 komentar:

Posting Komentar