Cari Kambing Kurban? Kami Menjual Kambing Qurban Berbagai Ukuran Harga Murah dan Bersaing

Kamis, 20 April 2017

Bagaimana Cara Memotong Hewan Kurban? Simak Cara Lengkapnya Disini!

Cara Memotong Hewan Kurban wajib dikuasai jika anda hendak menyembelihnya. Sebab, jika sampai salah, justru akan menyakiti hewan dan dagingnya bisa menajdi haram untuk dimakan. Hewan kurban selalu ada setiap kali memasuki lebaran Idul Adha, banyak umat islam yang menyedekahkan sebagian hartanya untuk berkurban. Hewan yang biasa dijadikan kurban bermacam-macam, ada sapi, kerbau, dan kambing. Setelah menunaikan sholat Ied, para jemaah atau warga biasanya akan berkumpul di sekitar halaman masjid atau lokasi penyembelihan hewan kurban. Orang yang menjadi penyembelih hewan kurban ini biasanya orang yang sudah ditunjuk oleh panitia kurban, orang yang sudah paham tata cara dan hukum yang berlaku dalam menyembelih hewan kurban. Namun, jika anda ingin menyembelih sendiri hewan kurban boleh-boleh saja, asal tahu cara dan aturan yang sah. 

Cara Memotong Hewan Kurban

Dalam menyembelih harus mematuhi tata cara memotong hewan kurban yang baik dan benar. Persiapkan juga berbagai alat yang dapat melancarkan prosesi penyembelihan. Adapun cara yang harus diperhatikan adalah pertama, persiapkan pisau tajam. Semakin tajam pisau yang digunakan akan semakin baik. Sebab, kalau pisaunya tumpul akan menyiksa hewannya. Kedua, rebahkan hewan di tanah dan hadapkan kearah kiblat. Ketiga, ikat keempat kaki hewan kurban untuk mencegahnya meronta-ronta ketika disembelih. Kelima, dekatkan dedaunan atau kain ke leher hewan untuk mencegah cipratan darah. Keenam, membaca basmalah, doa menyembelih hewan kurban dan takbir. Ketujuh, sebutkan nama orang yang berkurban atau yang menjadi tujuan hewan kurban. Terakhir, pastikan tenggorokan dan urat leher sudah terpotong sebelum mengangkat pisau. Hal yang paling perlu diingat adalah jangan sampai memotong leher hewan sebelum mati. 

Selain cara memotong hewan kurban, hal yang harus diperhatikan adalah cara dan tempat untuk membelinya. Jika anda memiliki rezeki yang cukup, sangat dianjurkan untuk berkurban. Untuk mencari para penjual kambing kurban tidaklah sulit. Beberapa minggu menjelang hari raya Idul Adha banyak bertebaran penjual hewan kurban dadakan di berbagai tempat. Anda bisa mendatangi beberapa lokasi untuk membandingkan harga dan membeli hewan yang harganya terjangkau. 

Poin penting lain yang harus anda pahami dan diperhatikan selain cara memotong hewan kurban adalah ciri dari hewan kurban sah. Urusan umur hewan kurban yang dijual anda tidak usah khawatir, para penjual biasanya menjajakan hewan yang umurnya yang sudah pas untuk dikurbankan. Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli hewan kurban adalah pastikan hewan tidak sedang dalam keadaan sakit atau cacat. Prioritaskan membeli hewan yang gemuk karena dagingnya akan dibagikan ke banyak orang. Sementara itu ada beberapa ciri hewan yang makruh untuk dikorbankan. Ciri-cirinya adalah sobek pada bagian telinga, giginya ompong, tanduknya patah, atau gila. Membeli hewan kurban memang butuh kejelian dan ketelitian. Bila perlu anda ajak orang yang sudah berpengalaman dalam membeli hewan kurban.

Demikian artikel mengenai cara memotong hewan kurban, semoga informasi yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagaimana Cara Memotong Hewan Kurban? Simak Cara Lengkapnya Disini!

0 komentar:

Poskan Komentar